Senin, 08 Agustus 2011

Kain Batik

Kain "Batik"
Batik adalah salah satu kesenian Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa). Konon pada jaman dahulu kesenian batik ini sebagai mata pencaharian kaum perempuan pada jaman dulu, namun sejak ditemukannya "Batik Cap" memungkinkan para laki-laki untuk bisa menekuni bidang ini.

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, tidak heran jika dari corak/motifnya bisa dikenali dari keluarga mana yang menciptakannya. dahulu  motif batik dapat menunjukkan status seseorang, semakin bagus motifnya semakin dikhususkan kepada kalangan tertentu seperti keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.
 

Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB, namun anehnya belakangan ini justru Batik sempat di claim sebagai budaya negara tetangga seperti halnya Reog Ponorogo
Membuat Batik

Seiring dengan perkembangan jaman corak batik pun berkembang seiring dengan pengaruh bangsa asing yang masuk Indonesia seperti corak phoenix dan warna merah cerah dipopulerkan oleh Tionghoa dan corak bunga tulip, gedung atau kereta kuda dipopulerkan oleh Belanda.
Batik yang semula dibuat di atas kain mori, namun sekarang sudah bisa dibuat di atas sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin. 

Seiring dengan perkembangan jaman Batik di Indonesia juga tersebar berbagai penjuru pulau di Indonesia dan melahirkan Corak dan Ragam khusus daerah pembuatnya, seperti :
    * Batik Bali
    * Batik Banyumas
    * Batik Madura
    * Batik Malang
    * Batik Pekalongan
    * Batik Solo
    * Batik Tasik
    * Batik Aceh
    * Batik Cirebon
    * Batik Jombang
    * Batik Banten
Diberdayakan oleh Blogger.