Senin, 08 Agustus 2011

Kain Tenun

Kain Tenun Modern
Salah satu produksi kain di indonesia adalah Kain Tenun, berbeda dengan kain batik yang melukis, menggambar bentuk/corak keatas kain, Kain tenun ini sendiri adalah proses untuk membuat kain dari benang dengan menggunakan metode sederehana. maka tidak heran jika harga selembar kain tenun relatif lebih mahal dibanding kain biasa, sebut saja Solo, Madura, Papua, Palembang, Banjarmasin, Makasar, NTT dan masih banyak lagi yang masih melakukan pembuatan lain tenun ini.
Di daerah Lampung, Sumatera, kain tenun dikenal dengan sebutan kain tapis. Kerajinan ini merupakan kain tenun khas yang dibuat oleh masyarakat tradisional dengan filosofi menghubungkan dengan Sang Pencipta Alam Semesta. Ada beberapa tahap pengerjaan kain tenun ini, yaitu yang berhubungan dengan metode pembuatan dan pemilihan desain sesuai budaya setempat. Kain tenun ini menjadi pakaian keseharian para perempuan suku Lampung. Kain tenun ini terdiri dari berebapa pilihan benang yaitu perak atau emas yang di “cucuk” atau sulam. Kain tenun ini berbentuk sarung. Disebut sebagai Tapis Lampung yang artinya kain tenun bermotif apakah dari benang perak atau emas. Beberapa motif kain tenun yang ada adalah motif bunga, hewan yang di sulam dengan benang perak atau emas.



Pemintakan Kain Tenun
Peralatan untuk mengerjakan kain tenun adalah masih tradisional. Belum ada peralatan modern dengan tehnologi canggih untuk membuat kain tenun ini. Biasanya para wanita dari kalangan ibu dan para gadis remaja merpakan para pengrajin kain tenun ini. Pekerjaan ini dianggap sebagai bagian dari kebudayaan yang harus dikerjakan oleh para wanita di Lampung. Kain tenun biasa dikerjakan saat senggang. Tidak hanya untuk maksud sakral tradisi tetapi kain tenun juga kini menjadi komoditi untuk mendatangkan penghasilan masyarakat tradisional Lampung. Kain tenun dari Lampung ini ternyata ada kemiripan dengan kain tenun dari daerah lain di Indonesia. Jaman dulu masyarakat tradisional Lampung telah mengenal pembuatan kain tenun karena untuk keperluan yang bersifat ritual penyembahan kepada Yang Kuasa. Saat itu kain tenun banyak menggunakan motif bunga melati, matahari, bulan dan binatang.
Diberdayakan oleh Blogger.